Info Film Bioskop 300 Spartan

Cerita film ini diambil dari sebuah buku berkenaan dengan perang Thermopylae. Dikisahkan bahwa Raja Yunani Leonidas I, dengan tentara berjumlah 300 orang, bertempur melawan Khasyayar, Raja Iran yang memiliki tentara jutaan orang.

Dibawah ini adalah sejumlah pendapat gw ttg Film 300.

  • Pengkarakteran tokoh2 yg Sangar gak karuan (alias disangar2in).
  • Sok2 an cool gak jelas.
  • Animasi kasar, and kelihatan banget klo dlm studio shootingnya, yg menggunakan Green Screen. Dimana2 Film yg pake animasi pasti pake Greenscreen, tapi kok 300 ini mencolok banget.
  • Terlalu banyak Slow Motion or gerak yg diperlambat. Emang dalam sebuah Film Action klo gk ada slow motion kgk keren sih, tp 300 ini kebangetan, and jadinya ngaco. Yg gak penting pun di slow motion. Dikit2 slow motion….
  • Pengkarakteran tiap2 tokoh seperti Sinetron Silat Indonesia. (buktiin aja klo gk percaya.
  • Terlalu banyak kata2 “NARATOR” dalam film ini untuk menjelaskan plot cerita, menurut gw hal itu adalah untuk menutupi atau jalan pintas sang sutradara untuk menutupi kekurangan dalam film ini. Atau juga krn ketidakkomplit-nya unsur cerita Film 300 ini.
  • Si peran utama (Gerald Butler) tidak perlu banyak berteriak dan marah besar supaya penonton tahu bahwa dia adalah orang yang tangguh. (bego banget)
  • Peng-karakter-an (mimik wajah) dlm 300 ini, tidak jauh berbeda dengan pementasan teater opera panggung ala EROPA. (tau khan theater opera panggung di eropa seperti apa)., Drama klasik yg diperankan di atas panggung, kebanyakan di Eropa.
  • Perang nya kok dorong-dorongan ?!, emang Polisi anti huru-hara apa ? yg sedang me-reda-kan para pendemo.
  • Story line nya monoton alias biasa-biasa aja.
  • Di awal perang terlihat beribu-ribu anak panah memenuhi langit seperti ribuan kelelawar beterbangan, namun setelah melihat pasukan musuh yg menembakkan anak panah itu,,,,,,,lhaaa kok cuma dikit tentaranya and tidak sesuai dengan jumlah anak panah yg ditembakkan tadi ??? Atau mungkin kali ya (gw gk tahu juga sih), bisa saja satu busur satu orang, tapi busur nya bisa sekaligus menembakkan 10 anak panah sekaligus dlm satu tembakan. Intinya 1 org,1 busur, 10 anak panah sekaligus pertembakan. Hmmm rada aneh, kaya di film kartun aja.
  • Darah2 yg muncrat sewaktu tebasan2 pedang, terlalu berlebihan and engga banget alias kasar. Niru2 Zatoichi………..
  • Setting background di berbagai tempat masih telihat kasar and ngaco and kelihatan banget editing by computernya, and tidak menghidupkan suasana perang di pertempuran yg sedang berlangsung.
  • Ada yg terlalu aneh yaitu: kok ada binatang seperti raksasa berbentuk serigala, and manusia aneh. Emang film ini film yg ada mistis or magic2 nya apa ? klo gak sekalian aja kayak LOTR or ERAGON (yg ada mistik2 nya). Atau mungkin seperti Gladiator, Troy, dan BraveHeart (MelGibson,1995) yg lebih Real. Namun 300 ini kategori Film nya seperti apa atau disejajarkan dengan apa??? Sedangkan 300 ini adalah kolosal berhubungan dengan sejarah. Na lho, kok ada mahkluk2 aneh ??? Posisi Film ini dimana gitu lhoh ?.

Ini aja dulu, sepanjang yg gw amati.

Memang, yg namanya Film itu pasti ada unsur2 Dramatisir atau hal2 yg tidak masuk akal, tapi klo sebuah Film terlalu dramatisir, pasti bakal keluar jalur dari konsep Film itu sendiri. Seperti contoh klo teman2 nonton film Stealth (yg pesawat tempur luar biasa itu) namun dalam film itu muncul pocong ! Wakakak……nah loh ?Atau kalian nonton Film Independent Day, di tengah film muncul misalnya Gandalf (LOTR) dengan kuda putihnya dan tongkatnya, atau Film Jurassic Park, tp di dlm Film itu muncul SUPERMAN.hehe..Tapi tidak demikian kan ?! Klo iya pasti ngaco jadinya.?!

Film2 yg gw sebutin diatas, itu khan semua Film khayalan or Film Fantasi or Imajinasi atau Film2 yg bo’ongan dan tidak masuk akal or tidak realitas, tapi Film2 tersebut sangat bagus dan layak tonton walaupun rekayasa komputer or sekedar pemuas imajinasi.

Maksudnya adalah walaupun Film fantasi imajinasi, tapi mereka tetap konsisten dan tidak keluar jalur inti Film itu sendiri.

Nah, Film 300 Spartan ini sepertinya mencampur-adukkan semua elemen2 yg ada, so, ngaco khan jadinya. Mending masukkin aja sekalian Megaloman, or Gaban dalam Film 300 ini.

Klo ada yg mengatakan klo film ini emang dijiplak dari komiknya , emang betul, lagian klo klo komik, kita bisa memvisualisasikan berbagai bentuk seenaknya kita, biar kerasa seru.

Intinya komik and Film mempunyai kelebihan and kekurangan masing2.

Klo masalah jiplak dari komik or buku, setuju2 aja gw nya. Namun tidak satupun komik or novel yg di jiplak ke dalam Film 100 persen sama. Disitulah sang sutradara dituntut untuk berimprovisasi. Masalah penyutradaraan tidak lepas dari masalah peng-improvisasi-an sebuah karya.

Contoh: Film Titanic, itu adalh bukti sejarah yg menceritakan kapal tenggelam (itu fakta)(and bisa kita sebut sebagai jiplakan sejarah yg di Film-kan). Namun kisah Asmara antara Jack dan Rose (DiCaprio and Winslet) dan juga Permata Blue Ocean yg dimiliki Rose itu adalah bumbu or Improvisasi seorang sutradara (James Cameron). Alhasil, Film blom ada satupun Film saat ini dalam sejarah Per-film-an yg mampu untuk menyaingi Total Pendapatan Film ini yaitu $600.788.188. Kebayangkan penghasilan totalnya brapa duit..???

Namun gara2 berimprovisasi bisa juga sebuah film jadi ancur..!!!

Contoh : Film KINGKONG (Sutradara Peter Jackson).

Dia mengatakan Film ini adalah Remake-nya KINGKONG 1933. Maka intinya adalah Film KINGKONG 1933 di-jiplak namun penggarapannya dengan teknologi canggih saat ini yg dimiliki oleh Hollywood. Tentu ada kesamaan cerita maupun ketidak sesuaian cerita. Contohnya: Ketika rombangan orang2 berlari-lari di bawah kaki dinosaurus, and ketika di persimpangan jurang yg terjal, khan banyak dinosaurus jatuh ke jurang tuh, coba kita perhatikan kaki dinosaurus yg kepleset mau terjun jatuh itu. Maka kita akan melihat kaki dino itu bergerak seolah-olah melawan arus jatuh badannya, atau gerakan kakinya seperti “ibarat roda mobil yg berputar ke depan, namun krn gravitasi, mobil terseret ke blakang.(bingung nih bikin kalimatnya seperti apa).hehehe..

(Salah satu kejanggalan nya. Menurut gw sih)(salah satunya looo)

Tapi saat nonton Film kingkong versi baru itu, malah gw teringat film Flinstone, dan berkomentar dalam hati “apa bedanya film Kingkong ini ama film flinstone..??? “.

Nah..itulah inti dari jiplak sebuah komik or buku or sejarah or apalah…, walaupun jiplak abis or tidak, namun yg di tuntut adalah ber-improvisasi dengan baik dan cocok. Itulah realita Hollywood, walaupun Peter Jackson sukses besar dalam LOTR, namun tidak menjamin KINGKONG bakal sukses besar.

300 Spartan ini membuat bingung, ini Film kategorinya apa dan posisinya apa??? apakah cerita sejarah or Fiktif, or Khayalan, or Film Imajinasi or Film Dokumenter or apa gituuuuuuu…??? Krn gk satupun yg cocok. Bingung khan…krn terlalu mencampur-adukkan elemen2 pada Film !!!