Info Film Bioskop Blow (2001)

George Jung (Johnny Deep) adalah seorang drug dealer besar California beberapa dekade.Ia bagian dari jejaring perdagangan heroin terbesar milik Pablo Escobar (Cliff Curtis)–mogul narkoba Kolombia.Sebelum menjadi pemain heroin, George mengawali bisnisnya dengan menjadi pengedar ganja kelas pantai. Tanpa uang dan bekal yang cukup, bersama TUna (Ethan Suplee) karibnya.

Pantai west coast California era 70-an adalah era para stoner. Pramugari-pramugari cantik berjemur, menghisap ganja, bercita sangat bebasnya seperti menghirup udara.Dan George berada di tempat yang tepat. Ide berbisnis weed awalnya datang dari tuna. Ia membawa segepok daun yang bukan ganja ke hadapan George dan pacarnya Barbara (Franka Potente). “Kita bisa menjual ini,” kata TUna. George dan Barbara tertawa.

Hasilnya, Barbara malah mengenalkan duo ini pada Derek Foreal (Paul Reubens), seorang gay-ish pengusaha salon dan restoran di west coast. Derek adalah distributor ganja di daerah itu.Lewat negoisasi yang tidak ribet,si banci ini akhirnya memberikan satu plastik besar weed pada George.Dan bisnispun dimulai.

Lancar jaya. Dagangan habis, permintaan meningkat. Makin laris ketika Dulli teman George dan Tuna datang. Dulli bilang, di wilayah Boston ganja barang langka. Bisa laku keras, karena di sana wilayah kampus. Peluang bisnis! Tapi, Derek tidak memiliki sumber untuk memenuhi demand tersebut. Berangkatlah mereka ke Mexico. Dengan bahasa tarzan yang konyol, George akhirnya bertemu dengan petani weed.

George kini memiliki sumber ganja sendiri. Ia mengirim ganja lewat jalur airport, dimana Barbara tidak terdeteksi. Setiap hari,dua koper yang dibawanya selalu tandas diperdagangkan oleh Dulli.”We need more,” kata Dulli setiap kali Barbara mendarat.

Kaya raya! Tapi sayang semulus-mulusnya bisnis, George tertangkap juga.Ia dihukum 2 tahun penjara. Malang,tak lama setelah vonis Barbara meninggal karena kanker. George kabur, dan kembali pulang ke rumah orangtuanya Fred Jung (Ray liota) dan Ermine Jung (Rachell G). Tak lama, karena Ermine berinisiatif menelpon polisi bahwa sang buron ada di rumah. Adegan Ermine memarahi George sangat stand out sekali. Sementara ibunya marah,George memandang kosong dari jendela mobil polisi.

Di penjara, George mendapat roommates Diego (Jordi Molla). Seorang kolombia yang dipenjara karena mencuri mobil. Setelah perkenalan yang hampa–George memperkenalkan diri sebagai pembunuh, Diego menawarkan mimpi pada George. “Kamu tahu heroin?”

Mulailah mereka berbisnis serbuk haram ini.Tapi, sebelum Escobar, mereka mengawalinya dengan distributor picik bernama Cesar Toban.Sama seperti bisnis ganja, karena penjualan yg selalu sold out, George dan Diego akhirnya menembus Pablo Escobar. George yang baik, meminta Pablo menjalani bisnis bersama ia dan DIego.

Bisnis ini sangat-sangat lancar.George kaya bukan main.Tapi selalu ada aral melintang ketika harta dan tahta telah dicapai. Di pesta pernikahan Diego, George tertumbuk pada gadis latin yang stunning Mitha (Penelope Cruz). George tertarik. Sayang, MItha adalah tunangan Cesar. Tapi, “Iam Escobar man,” kata George, dan jatuhlah Mitha yang liar itu dalam pelukannya.

Hidup yang sempurna untuk George.Bisnis lancar,kekayaan mengalir,istri cantik,apalagi? Dan bayi perempuan cantik lahir dikala George terlalu teler. Tapi, ah, Mitha terlalu liar, sembrono, karena ulahnya (menghidangkan semangkuk penuh Heroin pada tamu) George digrebek polisi. Hukuman penjara lebih lama menunggu George.

Tapi George kabur lagi.Sayang,bisnisnya hancur.Diego menghianatinya.Istrinya tak terima dengan kondisi George yang jatuh miskin. Orangtuanya–ibunya yg pasti, menolak kehadirannya di rumah.Dan George tidak berhenti. Ia kembali mengawali bisnisnya berkat bantuan Dulli.Sukses, heroin dengan jumlah besar bisa diterbangkan dari Kolombia.

Heroin super yang mengantarkan George pada jebakan DEA dan CIA. Vonis 60 tahun diterima George.”Saya tidak keberatan dikhianati oleh Dulli” “Saya tidak keberatan ditangkap” Tapi, ia melewatkan janjinya dengan anaknya Kristina.

Film ini sudah lama beredar. Tahun 2001. Saya baru menontonnya semalam. Diangkat dari kisah nyata yang ditulis Bruce Porter, Ted Demme–sutradara menghadirkan tontonan yang mengasyikan.Akting berkelas Deep dan beberapa pemainnya sangat menghibur.

Dan patut semua tahu, George Jung saat ini masih hidup. Ia baru bebas tahun 2015 nanti.